Pengertian Guru Menurut Para Ahli

- Maret 28, 2019
Bungfei.com- Guru merupakan bagian terpenting dalam proses belajar mengajar tanpa adanya seorang guru tentu jalannya kegiatan pembelajaran tidak akan sempurna. Guru yang profesioanal tentu berbeda dengan guru yang tidk professional, oleh karena itu dalam artikel ini akan dibahas mengenai pengertian guru dalam dunia pendidikan.

Menurut UU no 14 tahun 2005 pasal 1 ayat 1 tentang guru dan dosen, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing,mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah (Arikunto,2009: 29).

Guru adalah orang yang pekerjaannya atau profesinya mengajar, mendidik, membimbing serta memberikan motivasi terhadap siswa baik yang dilaksanakan di sekolah maupun di lingkungan masyarakat.

Kewibawaan seorang guru mampu menempatkan kedudukan guru sebagai seseorang yang terhormat dimasyarakat, sehingga masyarakat tidak meragukan figur seorang guru karena masyarakat yakin bahwa guru mampu mendidik anak didik mereka agar menjadi orang yang berkepribadian mulia.

Dengan kepercayaan yang diberikan oleh masyarakat, maka guru mengemban tugas tugas dan tanggung jawab yang berat. Pembinaan yang diberikan oleh seorang guru terhadap anak didiknya tidak sebatas pembinaan klasikal, tetapi juga secara individual. Hal ini mengharuskan guru untuk memperhatikan sikap, tingkah laku, dan perbuatan anak didiknya. Tidak hanya di lingungan sekolah namun diluar sekolah sekalipun.

Dari paparan di atas dapatlah dipahami abhawa guru adalah pendidik yang berperan sebagai pembimbing dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Menyediakan keadaan yang memungkinkan peserta didik merasa nyaman dan yakin bahwa pengetahuan dan prestasi yang dicapai akan mendapat penghargaan dan perhatian sehingga dapat meningkatkan motivasi berprestsi pada peserta didiknya.


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search