Cara Melenturkan Mayat Yang Kaku

Mayat dalam kasus tertentu kadang sulit untuk di luruskan, mayat jenis ini biasanya kaku. Seperti tangannya yang tak mau disedekapkan, atau kakinya yang melintang tidak bisa diluruskan dan lain sebagainya.

Mayat yang kaku model demikian itu bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena sebelum meninggal si mayat menderita struk menahun, sehingga dari dulunya memang kondisi anggota tubuhnya memang sudah keras, ataupun bisa juga disebabkan oleh hal-hal lain, seperti meninggal karena ayan, dan lain sebagainya.

Menangani jenis mayat model demikian tentu menyulitkan, terutamanya ketika mayat itu hendak dikafani, ataupun dikuburkan, karena memang kondisinya tidak sebagaimana lazimnya mayat.

Ada cara khusus untuk menangani mayat yang kondisinya seperti itu, cara ini terbilang murah dan yang jelas tidak ribed, cara ini sudah digunakan oleh orang-orang tua di Pulau Jawa semenjak dulu.

Caranya adalah dengan menggunakan media menyan yang dibakar. Mayat terlebih dahulu dibaringkan di atas bale/ranjang yang berongga semisal ranjang bambu dan lain sebagainya.

Di bawah ranjang yang diatasnya ada mayat tersebut diletakan bakaran menyan, dengan asap yang stabil. Biarkan asap menyan itu mengenai seluruh anggota badan mayat.

Setelah kurang lebih 1-2 jam, ambil bakaran menyang itu dan dekatkan asapnya ke bagian tubuh mayat yang kaku, jadi kalau bagian kakinya tidak mau diluruskan arahkan ke bagian kaki, sambil sesekali anda mengurut atau memijat-mijat bagian kaki tersebut agar lurus. 

Dalam tempo 15-20 menit nantinya dengan sendirinya bagian tubuh mayat yang kaku tersebut akan melunak atau bisa diluruskan.

Cara di atas itu sudah pernah dilakukan oleh penulis ketika menangani mayat yang kondisinya kaku. Jadi memang sudah penulis buktikan sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Cara Melenturkan Mayat Yang Kaku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel