Pengertian Strategi Poster Session Serta Kekurangan dan Kelebihannya

Menurut Majid (2013: 7), strategi poster session paada dasarnya merupakan bagian daripada stategi yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, adapun pengertian strategi pembelajaran adalah rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu yakni tujuan pembelajaran.

Adapun menurut Siberman (2009: 180), poster session merupakan sebuah stretegi  cerita dan gambar yang memungkinkan peserta didik mengekspresikan persepsi dan perasaan mereka tentang topik yang sekarang sedang didiskusikan dalam sebuah lingkungan yang tidak menakutkan, penggunaan strategi ini diantaranya ditujukan untuk melatih kemampuan siswa dalam memahami isi sebuah bacaan kemudian mampu untuk memvisualisasikannya dalam bentuk gambar.

Berdasarkan penjelasan kedua ahli di atas dapatah dipahami bahwa strategi poster session merupakan sebuah strategi kooperatif yang menggabungkan teks dan gambar untuk memperoleh informasi secara cepat sekaligus dapat mengembangkan daya kreatifitas siswa dalam memvisualisasikan teks dalam bentuk gambar dan dari gambar tersebut diharapkan semua siswa dapat menghafalkan isi bacaan secara mudah dan ingatan siswa terhadap bacaan tersebut dapat bertahan lama. 

Strategi ini bisa bisa digunakan dalam semua mata pelajaran dan untuk semua tingkat usia anak didik. Meskipun demikian, menurut Djamarah (2010: 408), dinyatakan bahwa “hendaknya apabila strategi tersebut diterapkan pada tingkatan sekolah dasar harus disertai dengan manajemen kelas yang baik agar supaya tidak menimbulkan kegaduhan”. Dalam kegiatan ini, masing-masing kelompokmendapatkan kesempatan untuk memamerkan hasil kerja mereka dan melihat hasil kerja kelompok lain.

Selanjutnya menurut Sardiman (2011: 46), dinyatakan bahwa “poster tidak saja penting untuk menyampaikan kesan-kesan tertentu tetapi dia mampu pula untuk mempengaruhi dan memotivasi tingkah laku orang yang melihatnya”. Dengan demikian dapatlah kemudian dipahami bahwa poster berfungsi untuk mempengaruhi siswa dalam proses belajar mengajar untuk menyayangi lingkungan dapat dituangkan lewat poster.

Dengan demikian maka dapatlah juga dinyatakan bahwa strategi  pembelajaran poster session adalah strategi presentasi alternatif yang merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka.

Masih menurut Sardiman (2011: 46), dinyatakan bahwa  poster dapat dibuat di atas kertas, kain, batang kayu, seng,dan semacamnya. Pemasangannya bisa di kelas, di luar kelas, di pohon, di tepi jalan, dan di majalah. Ukurannya bermacam-macam, tergantung kebutuhan. Namun secara umum, poster yang baik hendaklah : (1) Sederhana (2) Menyajikan satu ide dan untuk mencapai satu tujuan pokok (3) Berwarna (4) Slogannya ringkas dan jitu (5) Tulisannya jelas (6) Motif dan disain bervariasi.

Berdasarkan penjeasan tersebut di atas dapatlah dipahami bahwa secara umum pengertian poster session adalah sebuah teknik atau cara dalam kegiatan pembelajaran yang diwujudkan dalam bentuk gambar yang mana dengan gambar tersebut siswa dapat memahami isi sebuah bacaan kemudian mampu untuk memvisualisasikannya dalam bentuk gambar.

Kelebihan dan Kekurangan Strategi Poster Session 

Menurut Sujana (2005: 45), poster session mempunyai kelebihan dan kekurangan didalamnya, adapun penjelasanya adalah sebagai berikut:

Kelebihan

  1. Merupakan cara yang bagus untuk memberi informasi kepada siswa secara cepat.
  2. Memahami apa yang mereka bayangkan,dan memerintahkan pertukaran gagasan antar mereka.
  3. Merupakan cara baru dan jelas yang memungkinkan siswa mengungkapkan persepsi dan perasaan mereka tentang topic yang sedang didiskusikan dalam suasana santai dan menyenangkan.
  4. Dapat menjelaskan suatu masalah, dalam segala bidang dan tingkat usia, sehingga dapat memecahkan kesalah pahaman.
  5. Murah harganya dan gampang didapat serta digunakan tanpa memerlukan peralatan khusus.
  6. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, dan mendemontrasikan. 

Kekurangan

Poster hanya menekan persepsi indera mata, poster yang terlalu komplek kurang efektif untuk kegiatan pembelajaran, dan ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar.

Berdasarkan penjeasan di atas dapatlah dipahami bahwa pada dasarnya poster session mempunyai kelebihan dan kekurangan didalamnya, kelebihanya dapat menimbulkan kreatifitas berfikir siswa sementara kekurangannya strategi ini hanya diperuntukan bagi peserta didik yang memiliki indra penglihatan yang sempurna saja, selain itu strategi ini tidak akan cocok apabila diterapkan pada sebuah kelompok besar dalam kegiatan pembelajaran.

Langkah-Langkah Penggunaan Strategi Poster Session

Penggunan strategi poster session dalam kegiatan pembelajaran tentu mempunyai langkah-langkah yang harus di gunakan oleh pengajar, langkah-langkah ini digunakan agar penggunaan strategi poster session dalam kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik, adapun langkah-langkah penggunaan strategi poster session menurut  Silberman (2009: 180-181),  adalah sebagai berikut:

  1. Guru meminta setiap peserta didik menyeleksi sebuah topik yang dikaitkan dengan topik umum atau yang sedang didiskusikan atau dipelajari.
  2. Guru meminta peserta didik mempersiapkan gambar visual konsep mereka pada sebuah poster atau papan pengumuman. Isi poster tersebut harus jelas, agar pengamat dapat dengan mudah memahami tanpa penjelasan tertulis atau lisan. Akan tetapi, peserta didik boleh saja memilih mempersiapkan satu halaman hand-out untuk mendampingkan poster yang menerangkan lebih detail dan menayangkan bacaan lanjut.
  3. Selama sesi kelas berlangsung, mintalah peserta didik memasang gambar presentasi, dan dengan bebas berkeliling di ruangan memandang poster yang lain.
  4. Lima belas menit sebelum kelas selesai, berundinglah dengan seluruh kelas dan diskusikan keuntungan apa yang mereka peroleh dari kegiatan tersebut.

Berdasarkan penjelasan di atas maka dapatlah kemudian dipahami bahwa Strategi  pembelajaran poster session adalah strategi presentasi alternatif yang merupakan sebuah cara yang tepat untuk menginformasikan kepada peserta didik secara cepat, menangkap imajinasi mereka, dan mengundang pertukaran ide di antara mereka.

Belum ada Komentar untuk " Pengertian Strategi Poster Session Serta Kekurangan dan Kelebihannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel