Awas Kekenyangan Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik

Bagi penderita Maag Kronis dan Gerd diharuskan betul-betul menjaga pola makan. Salah satunya harus menjaga agar tidak kekenyangan ketika makan.

Kekenyangan dapat memicu naiknya asam lambung atau kumatnya penyakit Maag kronis dan Gerd. 

Penyakit Maag dan Gerd adalah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan, terutamanya dengan lambung dan usus. 

Makan terlalu banyak dapat menyebabkan kinerja lambung dan usus dalam mencerna makanan menjadi berat. 

Keadaan lambung dan usus penderita Maag kronis dan Gerd sedang bermasalah maka ketika kinerjanya terlalu berat dalam mencerna makanan maka secara otomatis lambung dan usus menjadi bermasalah. 

Akibat kekenyangan, penderita Maag kronis dan Gerd biasanya akan mengalami kembung pada perut sehingga merasa tidak nyaman. Selain itu, penderita juga nantinya akan merasakan sakit pada ulu hati, perut bagian kiri dan punggung. 

Sakit akibat kekenyangan ini diakibatkan oleh naiknya cairan asam pada lambung. Cairan tersebut membentuk gas dan gas tersebut menyebar ke organ tubuh yang lain, sehingga menyebabkan seluruh organ tubuh yang dekat dengan lambung merasakan sakit. 
Bagi penderita penyakit Maag dan Gerd yang sering asam lambungnya naik diharuskan agar menjaga pola makan, yaitu tidak boleh kekenyangan ketika makan juga tidak boleh terlalu lapar. 

Cara Menanggulangi Naiknya Asam Lambung Karena Kekenyangan

Ada beberapa cara untuk menanggulangi naiknya asam lambung kearena kekenyangan. Yaitu; 
  • Jangan Panik, hal ini diperlukan agar penderita memiliki ketenangan dalam menghadapi penyakit, selain itu dengan tidak panik penderita juga dapat menurunkan kadar asam lambung. 
  • Minum obat pereda sakit (Paracetamol) dan Maag sesuai dengan anjuran dokter. Jika tidak punya, minum air hangat sedikit demi sedikit, pijat bagian telapak kaki/tangan teruatamanya pada bagian-bagian tertentu yang syaraf-syarafnya berhubungan dengan lambung dan usus. 
  • Jangan ditahan apabila ingin buang air kecil dan buang air besar.
  • Berzikir dan berdoa minta pertolongan dan kesembuhan pada Allah SWT. 
Sekali lagi, bagi penderita Maag dan Gerd jaga pola makan anda, jangan makan jenis makanan yang dapat memicu kumatnya penyakit dan juga jangan kekenyangan apabila makan. 

Belum ada Komentar untuk "Awas Kekenyangan Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel