Metode Pembelajaran Reading Guide

- Oktober 06, 2019
Secara bahasa Reading Guide terdiri dari 2 kata yaitu reading dan guide. Reading mempunyai arti membaca atau melihat catatan (Soleh 2012:20), sementara menurut Mulyono membaca adalah “pengenalan simbol-simbol bahasa tulis yang merupakan stimulus yang membantu proses mengingat tentang apa yang dibaca untuk membangun suatu pengertian melalui pengalaman yang dimiliki” (Abdurrahman, 2003:200).

Membaca atau reading adalah suatu proses menalar (reading is reasoning). Aktivitas membaca dilakukan untuk mendapatkan dan memproses informasi hingga mengendap menjadi sebuah pengetahuan. Pengetahuan itu kemudian menjadi suatu dasar untuk dinamisasi kehidupan, memperlihatkan eksistensinya, berjuang mempertahankan hidup dan mengembangkan dalam bentuk sains dan teknologi sebagai kebutuhan hidup manusia (Ahmad 2010:14). Sedangkan guide sebagai penuntun/pedoman (Soleh 2012:20). Jadi reading guide adalah membaca terbimbing.

Sementara secara istilah metode reading guide adalah bentuk metode pembelajaran yang mengarah pada penyampaian materi secara optimal karena banyaknya materi yang harus diselesaikan dengan lebih banyak melibatkan kegiatan membaca siswa melalui bimbingan berbentuk kisi-kisi (Hisyam,  2008:8).

Metode Reading Guide dilaksanakan dengan cara guru memilih materi yang akan dipelajari pada hari itu. Lalu guru membuat daftar pertanyaan sebanyak mungkin berdasarkan materi yang akan dipelajari (Ismail, 2008:82).

Berdasarkan penjelasan di atas dapatlah dipahami bahwa yang dimaksud dengan metode reading guide adalah metode pembelajaran membaca dengan alat bantu atau alat pembimbing, sehingga nantinya dengan alat pembimbing tersebut siswa dapat menguasai materi bacaan dengan cepat. 

Tujuan metode reading guide

Menurut Munir (2009:24), tujuan metode reading guide adalah membantu peserta didik focus dalam memahami suatu materi pokok. 

Dengan demikian metode Reading Guide ini lebih mengedepankan aktivitas siswa dalam mencari, mengolah dan melaporkan informasi dari sumber belajar. Proses pembelajaran dalam susana menyenangkan. Dan yang paling utama adalah para siwa bisa lebih fokus pada materi pokok karena mereka secara langsung dibimbing dengan daftar pertanyaan yang telah diberikan oleh guru, sehingga proses pembelajaran jelas akan lebih efektif dan efesien.

Langkah-langkah penerapan metode reading guide

Menurut Zaini (2007:8) langkah-langkah dalam pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode reading guide adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan bacaan yang akan dipelajari
  2. Buat pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh peserta
  3. didik atau kisi-kisi dan boleh juga bagan atau skema yang dapat diisi oleh mereka dari bahan bacaan yang telah dipilih tadi.
  4. Bagikan bahan bacaan dengan pertanyaan atau kisi-kisinya
  5. kepada peserta didik.
  6. Tugas peserta didik adalah mempelajari bahan bacaan dengan menggunakan pertanyaan atau kisi-kisi yang ada. Batasi aktifitas ini sehingga tidak akan memakan waktu yang berlebihan.
  7. Bahas pertanyaan atau kisi-kisi tersebut dengan menanyakan
  8. jawabannya kepada peserta didik.
  9. Di akhir pelajaran beri ulasan secukupnya.
Langkah-langkah di atas harus dikerjakan dengan cara berurutan, sebab jika tidak dijalakan dengan berurutan metode reading guide tidak akan berjalan dengan baik. 

Kelebihan metode reading guide

Setiap metode pembelajaran tentu mempunyai kelebihan-kelebihannya sendiri, begitupun dengan metode reading guide. Menurut Zulaikho (2010:27) kelebihan metode reading guide adalah sebagai berikut:
  1. Peserta didik lebih berperan aktif dalam menjawab dan
  2. berani mengajukan pertanyaan pada guru.
  3. Materi dapat lebih cepat diselesaikan dalam kelas.
  4. Memotivasi peserta didik untuk senang membaca.
  5. Membangkitkan minat baca peserta didik
  6. Mempermudah guru dalam mengelola kelas.
  7. Menciptakan suasana kelas yang kondusif
Berdasarkan penjelasan di atas, dapatlah dipahami bahwa kelebihan dari metode reading guide sangat bermanfaat sekali untuk kegiatan pembelajaran membaca. oleh karena itu penggunaan metode reading guide dalam pembelajaran membaca salah satunya membaca bahasa arab sangat diperlukan. 

Kekurangan metode reading guide

Disamping memiliki kelebihan, metode reading guide juga tentu memiliki kekurangan-kekurangan di dalamnya, karena pada hakikatnya segala seuatu pasti ada kekurangannya. Menurut Zulaikho (2010:28) kekurangan metode reading guide adalah sebagai berikut:
  1. Peserta didik yang tidak berani bertanya maupun menjawab pertanyaan guru akan semakin tertinggal.
  2. Guru harus menyiapkan lembar bacaan dan lembar pertanyaan dalam jumlah sesuai dengan jumlah peserta didik sehingga dibutuhkan persiapan yang matang.
Berdasarkan kekurangan metode reading guide di atas, dapatlah penulis pahami bahwa metode tersebut menekankan pada keaktifan siswa, sehingga siswa yang tidak aktif akan tertinggal, sebaliknya metode tersebut juga menuntut guru untuk kreatif dan menyiapkan bahan-bahan metode reading guide dengan serius, sebab jika tidak kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan efektif. 


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search