Keturunan Ken Arok

- Agustus 05, 2019
Ken Arok atau yang ketika kecil bernama Temon adalah tokoh pendiri kerajaan Singasari. Selain dikenal dengan nama Ken Arok dan Temon sebagaimana yang disebutkan dalam Pararaton tokoh ini juga dalam Naskah Negara Kertagama dikenal pula dengan nama Shang Hayang Girinata Putra atau Sri Ranggah Rajasa.

Dalam catatan sejarah yang lazim dituliskan, Ken Arok tercatat memiliki dua istri, yaitu Ken Umang dan Ken Dedes Janda Tunggul Ametung. Ken Umang dikawini Ken Arok ketika ia belum menjadi penguasa di Tumapel, sementara Ken Dedes Dikawini setelah ia menjadi penguasa Tumapel.

Dari Istri pertamanya, Ken Arok memperoleh empat anak, yaitu:
  1. Tohjaya
  2. Panji Sudatu
  3. Tuan Wergola dan
  4. Dewi Rambi
Sementara dari Istri keduanya, Ken Arok Juga memperoleh empat orang anak, yaitu:
  1. Mahisa Wong Talang
  2. Panji Saprang
  3. Aghnibhaya dan
  4. Dewi Rimbu
Selain memiliki 8 anak, yaitu 6 laki-laki dan 2 perempuan. Ken Arok  juga memiliki anak tiri yang bernama Anusapati. Anak tersebut lahir dari Rahim Ken Dedes. Pada saat mengawini Ken Dedes, dikisahkan Kendedes sedang dalam kondisi mengandung anak Tunggul Ametung.

Baca Juga: Ken Arok, Terbunuh Ketika Makan Sore

Menurut Pararaton,  Kelak, meskipun sebagai Anak Tiri, Anusapati kemudian menggantikan kedudukan Ken Arok sebagai Raja Singasari. dalam berita yang disampaikan Pararaton pada mulanya tiada seorangpun yang tahu bahwa Anusapati merupakan anak Tiri mengingat Ken Dedes saat dikawini Ken Arok masih dalam kondisi hamil muda.

Berikut ini adalah bagan dari keturunan Ken Arok dari kedua istrinya:
Baca Juga: Ken Arok Si Temon Dari Kediri


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search