Cara Mengitung Mean (Rata-Rata)

- Juni 03, 2018
Mean atau yang dalam bahasa Indonesia disebut rata-rata hitung adalah salah satu rumus dalam statistika yang digunakan untunk menghitung rata-rata nilai tertentu. Rumus ini digunakan dalam berbagai bentuk, dan sangat popular sebab kegunaannya sangat urgen sekali, seperti untuk memutuskan rengking dalam suatu angka, prosentase angka dan lain sebagainya. 

Contoh 1.  Apabila salah satu murid SMA kelas XI didalam buku rapotnya terdapat 6 nilai-nilai  mata pelajaran sebagaimana table dibawah ini, berapakah nilai perolehan rata-ratanya..?
B. Indonesia
:
85
B. Inggris
:
65
PPKN
:
95
Matematika
:
65
IPS
:
70
IPA
:
65
Maka untuk dapat mengetahui nilai rata-rata dari tiap-tiap nilai tersebut \ diperlukan rumus untuk mencari nilai rata-ratanya.  Adapun rumus untuk menghitung nilai rata-rata dari tiap-tiap nilai di atas adalah sebagaimana berikut: 
Setelah rumus diketahui, maka jawaban dari contoh di atas adalah sebagai berikut:
 Jadi nilai rata-rata perolehan murid SMA kelas XI adalah = 74,17

Contoh. 2. Ibu Hajah Ifah, membagikan THR kepada 3 orang Kariawannya dengan berbeda-beda, Andri mendapatkan 5 Juta, Joko mendapatkan 2.5 Juta, sedangkan Widya mendapatkan 4.5 Juta. Berapakah rata-rata uang THR yang diberikan Ibu Hajah Ifah kedapa ke 3 karyawannya itu? 

Jawab :
Jadi nilai rata-rata uang THR yang diberikan Ibu Hajah Ifah kedapa ke 3 karyawannya adalah 4 Juta.

Baca Juga: Median dan Tata Cara Penghitungannya


EmoticonEmoticon

 

Start typing and press Enter to search